RevolusiMental.org

Pelantikan Presiden dan Wapres 2019-2024

Posted by Zahra on 30 Oktober 2019 | 15.14.00

Minggu 20 Oktober 2019, 09:15 WIB
20 Oktober 2019 menjadi hari bersejarah bagi Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin yang akan dilantik menjadi Presiden-Wakil Presiden 2019-2024. Bagaimana jalannya pelantikan mulai dari prosesi di MPR hingga syukuran para relawan?


20:10
Rangkaian pelantikan Presiden-Wakil Presiden periode 2019-2024 selesai. Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin sudah kembali ke Istana dan mulai bertugas.

Saat pelantikan tadi, Jokowi mengungkap yang akan menjadi prioritasnya selama lima tahun ke depan. Mulai dari pengembangan SDM hingga kemudahan birokrasi.

Terima kasih sudah menyimak detik-detik pelantikan Jokowi-Ma'ruf di detikcom. Selamat bekerja Pak Jokowi-Ma'ruf!


 
19:31

Ma'ruf Amin Tiba di Istana Wapres

Wakil Presiden Ma'ruf Amin tiba di Istana Wakil Presiden RI. Ma'ruf disambut oleh tamu negara dan Kepala Setwapres Muhammad Oemar.

Ma'ruf tiba di Kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Selatan, pukul 19.21 WIB, Minggu (20/10/2019). Ma'ruf tampak semringah setibanya di Istana Wapres.


18:13

Usai Dilantik, Ma'ruf Cek Rumah Dinas Wapres

Ma'ruf Amin tiba di rumah dinas Wakil Presiden RI usai dilantik di Gedung DPR/MPR. Ma'ruf Amin tiba pukul 17.49 WIB untuk mengecek rumah dinasnya.

Tak lama berada di rumah dinas di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Minggu (20/10/2019), Ma'ruf pada pukul 18.09 WIB kemudian langsung menuju Istana Wapres menggunakan mobil berpelat 'Indonesia 2'.


 18:07

Jokowi Balik ke Istana Usai Dilantik

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali tiba di Istana Negara, Jakarta usai dilantik sebagai Presiden periode 2019-2024. Jokowi tiba pukul 18.01 WIB.

Setibanya di Istana, Jokowi disambut pegawai lingkungan Istana Kepresidenan. Mereka tampak mengangkat bendera merah putih. Selain itu, hadir juga anggota keluarga Jokowi dari Solo.



17:46

Pelantikan Selesai, Jokowi Tinggalkan Kompleks Parlemen

Pelantikan Presiden-Wakil Presiden periode 2019-2024 selesai. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun meninggalkan kompleks parlemen.

Jokowi terlihat meninggalkan kompleks Gedung DPR/MPR pukul 17.40 WIB, Minggu (20/10/2019). Jokowi akan kembali ke Istana Negara, Jakarta. Rencananya Jokowi besok akan memperkenalkan nama-nama menteri Kabinet Jilid II.



17:06

Usai Pelantikan, Jokowi-Ma'ruf-JK Disalami Tamu Negara

Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024 selesai. Tamu negara kini bergantian menyalami Jokowi, Ma'ruf Amin, dan Jusuf Kalla (JK).

Tamu negara yang diundang ke pelantikan di Gedung MPR, Minggu (20/10/2019), secara bergantian naik ke panggung pelantikan. Seluruhnya menyalami Jokowi, Ma'ruf, dan JK, termasuk para istri-istrinya.



16:51

Ini 5 Hal yang akan Dilakukan Jokowi di Periode Kedua

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan lima hal prioritas untuk dikerjakan pada periode kedua pemerintahannya. Apa saja?

- Pertama, pembangunan SDM. Membangun SDM yang terampil, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

- Kedua, pembangunan infrastruktur. Infrastruktur yang menghubungkan kawasan produksi dengan kawasan distribusi, yang mempermudah akses ke kawasan wisata, yang mendongkrak lapangan kerja baru, yang mengakselerasi nilai ekonomi.

- Ketiga, Pemerintah akan mengajak DPR menerbitkan 2 undang-undang besar. Pertama, UU Cipta Lapangan Kerja. Kedua, UU Pemberdayaan UMKM.

- Keempat, penyederhanaan birokrasi. Investasi untuk penciptaan lapangan kerja akan diprioritaskan.

- Kelima, transformasi ekonomi. Bertransformasi dari ketergantungan pada sumber daya alam menjadi daya saing manufaktur dan jasa modern yang mempunyai nilai tambah tinggi bagi kemakmuran bangsa, demi keadilan sosial, bagi seluruh rakyat Indonesia.


16:31

Usai Dilantik, Jokowi Sampaikan Pidato

Presiden Jokowi menyampaikan pidato kenegaraan perdana sebagai Presiden periode 2019-2024. Jokowi membuka pidatonya dengan bicara soal mimpi 1 abad Indonesia.

"Mimpi kita, cita-cita kita di tahun 2045 pada satu abad Indonesia merdeka mestinya, Insya Allah, Indonesia telah keluar dari jebakan pendapatan kelas menengah," kata Jokowi dalam sidang MPR pelantikan Presiden-Wapres di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

"Indonesia telah menjadi negara maju dengan pendapatan menurut hitung-hitungan Rp320 juta per kapita per tahun atau Rp27 juta per kapita per bulan. Itulah target kita. Target kita bersama," imbuhnya.

Jokowi mengatakan, mimpi Ri di tahun 2045 yakni Produk Domestik Bruto (PDB) mencapai US$ 7 triliun. Menurut dia, Indonesia sudah masuk 5 besar ekonomi dunia dengan kemiskinan mendekati nol persen. Indonesia, masih kata Jokowi, harus menuju ke sana.

"Semua itu tidak datang otomatis, tidak datang dengan mudah. Harus disertai kerja keras, dan kita harus kerja cepat, harus disertai kerja-kerja bangsa kita yang produktif," ujar Jokowi.



16:31

Resmi Menjabat, Ma'ruf Bertukar Kursi dengan JK


  

16:16

Ini Sumpah yang Diucapkan Jokowi-Ma'ruf Saat Dilantik

Joko Widodo (jokowi) dan Ma'ruf Amin resmi dilantik sebagai presiden dan wakil presiden 2019-2024. Jokowi berdiri dari kursinya dan mengucapkan sumpah, begitu pula dengan Ma'ruf Amin. Wapres 2014-2019, Jusuf Kalla menyaksikan prosesi pengucapan sumpah.




 16:10

Sah! Jokowi-Ma'ruf Resmi Jadi Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024

Jokowi dan Ma'ruf Amin mengucapkan sumpah sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia. Dengan demikian, Jokowi-Ma'ruf resmi menjadi RI-1 dan RI-2 periode 2019-2024.

Pengucapan sumpah berlangsung saat Sidang Paripurna MPR RI di Gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (20/10/2019). Jokowi mengucapkan sumpah terlebih dahulu, baru diikuti oleh Ma'ruf Amin.



Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin mengucapkan sumpah sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia.





16:04

Ketua MPR Bacakan Keputusan Penetapan Jokowi-Ma'ruf

Keputusan KPU berisi penetapan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin dibacakan di sidang paripurna. Keputusan KPU itu dibacakan oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo, saat sidang paripurna pelantikan Presiden-Wapres 2019-2024.

Selanjutnya, Jokowi dan Ma'ruf Amin akan membacakan sumpah mereka.



15:47

Merah Putih Raksasa Dibentangkan di Dekat Monas

Bendera merah putih raksasa dibentangkan dalam parade di kawasan Monas saat pelantikan Presiden-Wakil Presiden periode 2019-2024. Di sekitaran Patung Kuda, ada sebuah panggung di depan pintu masuk Monas. Ketika vokalis Kikan tampil dan menyanyikan lagu berjudul Merah Putih, parade digelar.

Sebuah bendera Merah Putih terbentang panjang dibawa relawan Jokowi dari Jalan Merdeka Selatan. Bendera Merah Putih raksasa ini dibawa sampai ke mengelilingi Air Mancur Patung Kuda, tak jauh dari Monas.


15:37

Sidang Paripurna Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Dimulai

Pelantikan Presiden-Wakil Presiden 2019-2024 dimulai. Joko Widodo dan Ma'ruf Amin akan dilantik dalam sidang paripurna MPR RI.

Acara dimulai dengan menyanyikan Indonesia Raya dan Mengheningkan Cipta yang dipimpin oleh Ketua MPR, Bambang Soesatyo.

Setelahnya, keputusan KPU soal penetapan Jokowi-Ma'ruf sebagai pemenang Pilpres 2019 akan dibacakan. Selanjutnya, Jokowi dan Ma'ruf Amin akan membacakan sumpah mereka.




15:30

Berdampingan, Jokowi-JK Masuk Ruang Sidang Pelantikan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla berdampingan memasuki ruang paripurna pelantikan Presiden-Wakil Presiden periode 2019-2045. Jokowi-JK masuk ke ruang sidang paripurna, diikuti Wapres terpilih Ma'ruf Amin.

Jokowi kemudian menempati kursi Presiden yang sudah disediakan. Sementara JK dan Ma'ruf Amin terlihat duduk bersebelahan di kursi Wapres.




15:23

Megawati-SBY Beriringan Masuk ke Ruang Pelantikan

Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri menghadiri pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin. Megawati didampingi putrinya Puan Maharani dan Wapres ke-9 RI Hamzah Haz.

Megawati kemudian langsung memasuki ruangan pelantikan di Gedung MPR, Minggu (20/10/2019).

Setelahnya, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono dan wakil presiden 2009-2014 Boediono juga menyusul memasuki ruang pelantikan.




14:42

Jokowi Tiba di Gedung DPR/MPR

Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba di Gedung DPR/MPR. Jokowi tiba di kompleks DPR/MPR pukul 14.39 WIB.

Jokowi dan istrinya Iriana disambut oleh Sekjen Sekjen MPR Ma'ruf Cahyono. Adapun seluruh pimpinan MPR menyambut kedatangan Jokowi.




14:28

Turun dari Mobil, Jokowi Salami Pendukung

Presiden Joko Widodo (Jokowi) turun dari mobil selepas keluar dari Istana Merdeka, Jakarta. Jokowi jalan kaki menyebrangi jalan untuk bersalaman dengan pendukung di Taman Pandang.

Jokowi jalan kaki didampingi Paspamres. Warga terlihat antusias bersalaman dengan Jokowi.

 


14:20

Bareng Keluarga, Jokowi Berangkat ke Pelantikan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninggalkan Istana Merdeka, Jakarta untuk dilantik di Gedung DPR/MPR. Jokowi berangkat didampingi keluarga.

Terlihat Iriana Jokowi, Gibran Rakabuming, Kaesang Pangarep, Bobby Afif Nasution, serta Kahiyang Ayu menemani Jokowi ke pelantikan. Jokowi berangkat dari Istana pukul 14.16 WIB.


14:10

Ma'ruf Amin Tiba di Gedung DPR/MPR

Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin tiba di Gedung DPR/MPR. Ma'ruf disambut langsung oleh pimpinan MPR. Maruf langsung diantar ke dalam ruangan oleh Wakil Ketua MPR Arsul Sani dan Fadel Muhammad.


13:59
Wapres Jusuf Kalla dan Istri Mufidah Jusuf Kalla foto bersama sebelum menuju ke Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin di Gedung DPR/MPR.




13:52

Bercelana Panjang, Ma'ruf Tinggalkan Kediaman Menuju Pelantikan di DPR/MPR

Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin bersiap menuju Gedung DPR/MPR untuk pelantikan. Ma'ruf berharap kepemimpinannya dengan Presiden Jokowi nanti bisa mencapai target.

"Supaya juga berjalan dengan baik, target yang kita inginkan tercapai, dihilangkan hambatan, dimudahkan," kata Ma'ruf Amin di Rumah Situbondo, Jakarta, Minggu (20/10/2019).



13:41

Menteri-menteri Kabinet Kerja Jilid I Hadiri Pelantikan Jokowi

Menteri-menteri Kabinet Kerja Jilid I pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla hadiri pelantikan Presiden-Wakil Presiden periode 2019-2024. Mendagri Tjahjo Kumolo hingga Menlu Retno L Marsudi sudah terlihat hadir di Gedung Nusantara III, DPR.

Selain itu terlihat juga Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, hingga Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek.

Adapun Menkominfo Rudiantara, Menristekdikti M Nasir, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, hingga Menko Perekonomian Darmin Nasution juga hadir.



13:31

Wiranto Tinggalkan RSPAD, ke Pelantikan Jokowi?

Mobil yang kemarin membawa Menko Polhukam Wiranto keluar dari RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, yakni Toyota Alphard warna hitam nopol B-2538-RFS, hari ini kembali meninggalkan rumah sakit. Tidak diketahui pasti kemana tujuan mobil tersebut. Wiranto berangkat ke pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin?



13:23

Ahok Hadiri Pelantikan Jokowi-Ma'ruf

Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menghadiri pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin sebagai Presiden-Wakil Presiden 2019-2024. Ahok tiba 13.15 WIB berbarengan dengan Badan Ekonomi Kreatif, Triawan. Setibanya di lokasi, di Gedung Nusantara III, Ahok langsung naik eskalator menuju ruang rapat paripurna.
Selain Ahok, tamu undangan lainnya yang sudah tiba di DPR antara lain Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Eks Kepala BIN Hendropriyono, hingga Ketum NasDem Surya Paloh.



13:09

RAN hingga Radja Hibur Pendukung Jokowi di Patung Kuda

RAN hingga grup band Radja mengisi panggung hiburan yang berada di kawasan Patung Kuda, Jakarta. Ratusan relawan tampak memadati kawasan tersebut sekaligus merayakan pelantikan Jokowi-Maruf Amin sebagai Presiden-Wakil Presiden 2019-2024.



13:00

Hadiri Pelantikan Jokowi, Prabowo-Sandiaga Tiba di DPR

Prabowo Subianto tiba di Gedung DPR untuk pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin. Prabowo tiba pukul 12.55 WIB di Gedung Nusantara III DPR berdampingan dengan Sandiaga Uno.

Prabowo-Sandiaga tiba disambut Waketum Gerindra, Edhy Prabowo, Waketum Gerindra Sugiono, Ketua Bidang Advokasi dan Hukum DPP Partai Gerindra, Habiburokhman, dan Sekjen Gerindra Ahmad Muzani. Keduanya langsung naik ke lift ke arah ruang pimpinan.



12:28

Anggota DPR dan Tamu Mulai Datang ke Pelantikan Jokowi-Ma'ruf

Para tamu undangan dan anggota DPR mulai berdatangan ke pelantikan Presiden-Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024. Emil Salim, anggota DPR Abraham Lunggana hingga Gubernur Jabar Ridwan Kamil sudah tampak di Nusantara III Gedung DPR.
Adapun Ketua MPR Bambang Soesatyo dan Wakil ketua MPR Sufmi Dasco Ahmad sudah terlihat di lokasi pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin. Selain itu Ketua KPU Arief Budiman dan anggota Basawlu juga sudah nampak.



11:20

Kursi Spesial Jokowi-Ma'ruf dari Jepara Saat Pelantikan

Khusus pelantikan Presiden-Wakil Presiden 2019-2024 disiapkan kursi spesial untuk Jokowi-Ma'ruf Amin. Kursi berwarna coklat berbahan kayu jati dari Jepara sempat digunakan saat pelantikan Jokowi-Jusuf Kalla (JK) pada 2014 lalu.

Kursi ini juga biasa dijadikan objek selfie sebelum resmi dipakai untuk prosesi pelantikan. Kursi tersebut berbahan kayu jati dari Jepara yang dipesan khusus. Namun tak ada ukiran tertentu di kursi berwarna coklat tersebut.



11:00

Gerobak Kuliner Berjejer di Merdeka Barat Rayakan Pelantikan Jokowi

Panggung kecil dan sejumlah gerobak kuliner disiapkan di Jalan Merdeka Barat, Jakarta untuk meriahkan pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin. Panggung dan gerobak kuliner berjejer di seberang Gedung RRI.

Panggung kecil yang berdiri bertuliskan 'Bersatu Indonesia Maju'. Aparat kemanatan TNI-Polri juga sudah berjaga di lokasi.



10:45

Jokowi Terima Tamu Negara di Istana Jelang Pelantikan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima sejumlah tamu negara di Istana Merdeka, Jakarta, jelang pelantikan. Tamu negara yang sudah menemui Jokowi antara lain PM Australia Scott Morrison dan PM Singapura Lee Hsien Loong.

Tamu negara lainnya yang hadir yakni PM Kamboja Hun Sen dan Raja Eswatini, Raja Mswati III. Selain itu, Jokowi masih menerima tamu negara setelah dilantik di gedung MPR sore ini antara lain dengan Wapres Republik Rakyat Tiongkok, Wang Qishan, Wapres Republik Sosialis Vietnam, Đặng Thị Ngọc Thịnh, hingga Wapres Republik Uni Myanmar, Henry Van Thio.



10:31

Relawan Padati Panggung di Taman Pandang Meriahkan Pelantikan Jokowi

Panggung didirikan di Taman Pandang di depan Istana Negara untuk para relawan Jokowi-Ma'ruf Amin. Relawan sudah berkumpul untuk memeriahkan pelantikan presiden Jokowi-Ma'ruf Amin yang berlangsung hari ini.

Di Silang Monas sendiri terlihat alat metal detector. Masyarakat yang hendak datang ke Taman Pandang dicek oleh petugas TNI-Polri.



10:15

Jalan Sekitar Istana Ditutup Jelang Pelantikan Jokowi

Ruas jalan di sekitar Istana Negara sudah tak bisa dilalui jelang pelantikan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin. Personel TNI-Polri sudah melakukan penjagaan.

Jalan di dekat Taman Pandang, Silang Monas, Jakarta Pusat, Minggu (20/10/2019) sudah ditutup sejak pukul 07.50 WIB. Ruas jalan dari Taman Pandang di Jalan Medan Merdeka Barat ke arah ke Patung Kuda dan ke Istana Negara juga ditutup.



09:59

Suasana Gedung DPR Jelang Pelantikan Jokowi-Maruf

Gedung DPR bersolek di hari pelantikan presiden-wakil presiden terpilih, Joko Widodo-Ma'ruf Amin hari ini. Khusus di lobi gedung Nusantara III, dekorasi bernuansa Indonesia bagian timur.

Penjagaan juga sudah diperketat sejak pukul 08.15 WIB, Minggu (20/10/2019). Paspampres disiagakan di sejumlah titik di Gedung Nusantara. Sementara di pintu gerbang utama gedung MPR/DPR telah disiapkan sejumlah kendaraan taktis (rantis) seperti barracuda dan water canon. Personel Brimob, Sabhara dan TNI juga telah bersiaga.



09:43

Selamat Datang di Live Report Pelantikan Jokowi-Ma'ruf

20 Oktober 2019 menjadi hari bersejarah bagi Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin. Keduanya akan dilantik menjadi Presiden-Wakil Presiden 2019-2024.
Prosesi pelantikan akan dimulai pada pukul 14.30 WIB di Gedung MPR/DPR. Tak hanya pejabat dan tokoh dalam negeri, pemimpin negara sahabat juga akan menyaksikan pelantikan secara langsung. Jokowi-Ma'ruf akan mengucapkan sumpah kemudian Jokowi dijadwalkan berpidato.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 15.14.00

0 komentar:

Posting Komentar

VISI, MISI & PROGRAM PRABOWO-GIBRAN

JOKOWI PEMIMPIN RAKYAT